Meskipun roda atau perjalanan yang menggunakan kendaraan beroda sudah ada sejak 6000 tahun lalu namun orang - orang pada waktu itu masih lebih suka menempuh perjalanan khususnya perjalanan jauh melewati sungai. Mengapa ? karena pada waktu itu belum ada jalan darat. Kendaraan beroda hanya sebatas digunakan untuk latihan atau untuk perjalanan jarak dekat. Dan ternyata peradaban kuno lebih suka mengembangkan jalan melalui sungai atau melalui pesisir ketimbang jalan darat.
Orang - orang Mesir kuno bisa memanfaatkan sungai Nil, orang - orang Mesopotamia di sepanjang sungai Tigris, Euphrates di Cretes, dan Yunani bersama orang Phoenicians di sepanjang pantai. Tetapi seiring perkembangan zaman komunikasi antar negara melalui perairan (laut dan sungai) semakin banyak mengalami kendala.
Oleh karena itu, kekaisaran Persia di Timur Tengah yang hanya memiliki jalur sungai Mesopotamia merasa sangat terganggu dengan adanya hambatan komunikasi ini.
Mereka mempunyai gagasan : Untuk menghubungkan 25 propinsi menuju kekaisaran perlu dibangun jaringan jalan darat yang memiliki cabang utama ; yaitu dari Iran menuju Sardi di Turki. Dengan pembangunan jalan darat ini para pengantar surat dapat mengendarai kudanya dengan cepat melalui jalan utama dalam rangka menyampaikan berita penting kepada para penguasa atau kaisar.
Pembangunan jaringan jalan pertama sepanjang 3000 km, lengkap dengan kantor pos dan tempat penginapandi sepanjang jalan sebagai tempat istirahat para pembawa berita jika lelah atau ingin mengganti kudanya.
Setiap orang baik dari kalangan pedagang atau petani menggunakan jasa pelayanan ini. Dan ketika Amerika pertama kali mendirikan lembaga ini, 2000 tahun kemudia, pesan antaran ini disebut poni express.
Free Template Blogger
collection template
Hot Deals
BERITA_wongANteng
SEO
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Jumat, 10 September 2010
Tempat pertama kali dibangunnya jalan
Meskipun roda atau perjalanan yang menggunakan kendaraan beroda sudah ada sejak 6000 tahun lalu namun orang - orang pada waktu itu masih lebih suka menempuh perjalanan khususnya perjalanan jauh melewati sungai. Mengapa ? karena pada waktu itu belum ada jalan darat. Kendaraan beroda hanya sebatas digunakan untuk latihan atau untuk perjalanan jarak dekat. Dan ternyata peradaban kuno lebih suka mengembangkan jalan melalui sungai atau melalui pesisir ketimbang jalan darat.
Orang - orang Mesir kuno bisa memanfaatkan sungai Nil, orang - orang Mesopotamia di sepanjang sungai Tigris, Euphrates di Cretes, dan Yunani bersama orang Phoenicians di sepanjang pantai. Tetapi seiring perkembangan zaman komunikasi antar negara melalui perairan (laut dan sungai) semakin banyak mengalami kendala.
Oleh karena itu, kekaisaran Persia di Timur Tengah yang hanya memiliki jalur sungai Mesopotamia merasa sangat terganggu dengan adanya hambatan komunikasi ini.
Mereka mempunyai gagasan : Untuk menghubungkan 25 propinsi menuju kekaisaran perlu dibangun jaringan jalan darat yang memiliki cabang utama ; yaitu dari Iran menuju Sardi di Turki. Dengan pembangunan jalan darat ini para pengantar surat dapat mengendarai kudanya dengan cepat melalui jalan utama dalam rangka menyampaikan berita penting kepada para penguasa atau kaisar.
Pembangunan jaringan jalan pertama sepanjang 3000 km, lengkap dengan kantor pos dan tempat penginapandi sepanjang jalan sebagai tempat istirahat para pembawa berita jika lelah atau ingin mengganti kudanya.
Setiap orang baik dari kalangan pedagang atau petani menggunakan jasa pelayanan ini. Dan ketika Amerika pertama kali mendirikan lembaga ini, 2000 tahun kemudia, pesan antaran ini disebut poni express.
Orang - orang Mesir kuno bisa memanfaatkan sungai Nil, orang - orang Mesopotamia di sepanjang sungai Tigris, Euphrates di Cretes, dan Yunani bersama orang Phoenicians di sepanjang pantai. Tetapi seiring perkembangan zaman komunikasi antar negara melalui perairan (laut dan sungai) semakin banyak mengalami kendala.
Oleh karena itu, kekaisaran Persia di Timur Tengah yang hanya memiliki jalur sungai Mesopotamia merasa sangat terganggu dengan adanya hambatan komunikasi ini.
Mereka mempunyai gagasan : Untuk menghubungkan 25 propinsi menuju kekaisaran perlu dibangun jaringan jalan darat yang memiliki cabang utama ; yaitu dari Iran menuju Sardi di Turki. Dengan pembangunan jalan darat ini para pengantar surat dapat mengendarai kudanya dengan cepat melalui jalan utama dalam rangka menyampaikan berita penting kepada para penguasa atau kaisar.
Pembangunan jaringan jalan pertama sepanjang 3000 km, lengkap dengan kantor pos dan tempat penginapandi sepanjang jalan sebagai tempat istirahat para pembawa berita jika lelah atau ingin mengganti kudanya.
Setiap orang baik dari kalangan pedagang atau petani menggunakan jasa pelayanan ini. Dan ketika Amerika pertama kali mendirikan lembaga ini, 2000 tahun kemudia, pesan antaran ini disebut poni express.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar